Mengenal Penyakit Kencing Manis atau Diabetes Millitus
Kencing Manis atau Diabetes Millitus

Mengenal Penyakit Kencing Manis atau Diabetes Millitus

By On Saturday, April 28th, 2018 Categories : Penyakit

Penyakit diabetes ini mungkin baru di ketahui ketika baru-baru kita memeriksakan ke dokter dan laboratorium. Diabetes atau yang dikenal dengan penyakit gula adalah penyakit dimana tubuh mengalami kelainan metabolisme yang disebabkan kurangnya hormon insulin. Sel beta pankreas menghasilkan hormon insulin yang sangat berperan dalam metabolisme glukosa dalam sel tubuh. Kadar glukosa yang sangat tinggi didalam tubuh kita tidak bisa diserap semua dan tidak mengalami metabolime dalam sel. Mengakibatkan seseorang akan kekurangan energi, sehingga mudah lelah dan berat badan terus turun.

Normalnya, tubuh akan mengolah makanan menjadi sejenis gula atau glukosa. Glukosa tersebut masuk ke dalam peredaran darah untuk diangkut ke sel-sel tubuh dan diubah mnenjadi energi. Dalam proses ini, tubuh perlu bantuan insulin untuk mengangkut glukosa ke sel-sel tubuh dan selanjutnya diubah menjadi energi. Jika jumlah insulin kurang, atau jumlah insulin sudah cukup tetapi tidak bisa berfungsi maksimal, glukosa akan tetap berada di dalam darah dan tidak bisa diangkut ke dalam sel-sel tubuh. Akibatnya, kadar glukosa di dalam darah semakin meningkat dan terjadi diabetes.

Gula memiliki sifat menarik air sehingga menyebabkan seseorang banyak mengeluarkan urine atau air kencing dan selalu merasa haus. Diabetes mellitus merupakan penyakit yang dapat menyerang semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai keluhan. Penyakit ini timbul secara perlahan-lahan, sehingga seseorang tidak menyadari adanya berbagai perubahan pada dirinya. Perubahan seperti minum menjadi lebih banyak, buang air kecil menjadi lebih sering, dan berat badan yang terus menurun, berlangsung cukup lama dan biasanya cenderung tidak diperhatikan, hingga seseorang pergi ke dokter dan memeriksa kadar glukosa darahnya.

Jika diabetes milletus dibiarkan begitu saja, akan timbul komplikasi lain yang cukup fatal, seperti penyakit jantung, ginjal, aterosklerosis, kebutaan, bahkan kerusakan saraf. Diabetes milletus diartikan pula sebagai penyakit metabolisme yang termasuk dalam kelompok gula darah yang melebih batas normal atau hiperglikemia dengan nilai kadar gula lebih 120 mg/dl. Untuk memastikan berapa kadar gula darah seseorang maka dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium.

Ada dua tipe jenis diabetes mellitus. Tipe pertama ialah diabetes yang tergantung kepada insulin (insulin dependent) yang terjadi pada anak-anak, dan pengobatannya memerlukan suntikan insulin. Tipe kedua ialah diabetes yang tidak tergantung kepada insulin (non insulin dependent), yang terjadi pada dewasa, dan biasanya bisa dinkontrol dengan diet, olah raga, dan obat oral anti-diabetes, walaupun terkadang dibutuhkan pula suntikan insulin. Bila menderita diabetes, Anda perlu memeriksakan kadar gula secara teratur. Selain menjalani diet dan olah raga, anda juga perlu berlajar mengatur obat diabetes, terutama insulin, agar kadar gula darah mendekati nila normal dan mintalah nasehat dokter. Pengendalian yang baik terhadap kadar gula darah merupakan kunci untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Mengenal Penyakit Kencing Manis atau Diabetes Millitus | pahompu | 4.5